Sabtu, 17 November 2012

MEMBUAT KETRAMPILAN CLAY

CLAY mempunyai arti tanah liat, tetapi bahan dasar yang dipergunakan dalam pelatihan ketrampilan yang di adakan oleh Kopwan Setia Bhakti Wanita Jawa Timur bukanlah dari tanah liat, tetapi bahan sesungguhnya terbuat dari “tepung kue“. Bahan dasar untuk membuat ketrampilan Clay ini bisa bermacam-macam, akan tetapi melihat dari segi efisien serta kebersihan proses pengerjaan lebih baik menggunakan bahan dasar tepung kue seperti yang disampaikan oleh Ibu Monica Harijati Hariboentoro pada pelatihan ketrampilan Clay.
 
Berikut adalah bahan dasar yang di gunakan untuk ketrampilan Clay :
Bahan
a. tepung kanji
b. tepung terigu
c. tepung beras
d. pengawet kue ( natrium benzoat )
e. lem putih (PVAC)

Cara Buat
a. tepung kanji, terigu, beras dicampur semua dengan perbandingan 1 : 1 : 1
b. tambahkan pengawet dan lem
c. uleni sampai kalis
d. campurkan pewarna
Pewarnaan
Bisa menggunakan berbagai macam pewarna (cat air, acrylic, poster, oil). Pewarna dicampur ke dalam adonan lalu diuleni sampai merata.

Pembentukan
Setelah semua bahan telah siap, maka bahan bisa di bentuk sesuai dengan keinginan

Pengeringan
Model yang sudah jadi dapat dibiarkan saja, hanya di angin-anginkan. Atau juga dapat di keringkan di bawah matahari,tetapi tidak secara langsung.


 



untuk ketrampilan kali ini Bunda sering buat.... tetapi gak buat dokumentasinya.... saking asyyiknya suka kelupaan ambil foto.... jadi Bunda minta resep dari teman2 blogger.... semoga bermanfaat untuk kita semua ya.... barakalloh teman2 blogger yg sudah memberi ilmu ya......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts